Kwaran 0406 Kecamatan Rupat Peringati Hari Pramuka Ke 57


Pengurus Kwaran Pramuka  Kecamatan Rupat berfoto bersama



Kwaran 0406 Kecamatan Rupat Peringati Hari Pramuka Ke 57

Jumat, 17/08/2018 | 21:03
SorotRiau.com.BATUPANJANG--Kwartir Ranting(Kwaran)GrakanPramuka Kecamatan Rupat memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 57 dengan menggelar upacara bendera, di halaman Kantor Camat Rupat,KelurahanBatupanjang,Selasa(14/8/2018).

Dihadiri unsur Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Ka-Mabiran) Camat Rupat, Hanafi SPI,M.Si, Kepala Kwartir Ranting(Ka-Kwaran) Kecamatan Rupat,Rais SH,SPd,Sekcam Rupat Rupat,Ahmad Tarmizi S,Ag,Sekretaris Kwaran Kecamatan Rupat dan seluruh Pengurus Kwaran Kecamatan Rupat. Turut serta mengikuti upacara HUt Pramuka di Rupat undangan dari Lintas instansi seperti Kepala UPTD Perpustakaan Umum Kecamatan Rupat, UPT Dispenda, UPTD Sosial, Lurah, Kepala Desa,serta para Kepala sekolah dari tingkat SD,SMP,MTs,SLTA,SMKN,serta Aliyah yang ada di daerah itu

Dengan diikuti oleh kurang lebih 500 anggota pramuka mulai dari siaga, penggalang, penegak dan pandega upacara Peringatan HUT Pramuka ke-57 sangat hikmat. Bertindak selaku Pembina Upacara Sekcam Rupat, Tarmizi S.Ag, upacara diawali dengan mengibarkan bendera merah putih oleh anggota Paskibra dari Dewan Kerja Ranting(DKR) Kwaran Rupat, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Pancasila,Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Ketua Kwaran Rupat, Rais SH,SPd mengatakan diadakannya HUT Pramuka ke-57 ini agar meningkatkan dan memberi pemahaman pramuka seperti apa, supaya mereka lebih mengenal bagaimana peran pramuka sesungguhnya.

"Selain itu adanya kegiatan ini demi meningkatkan kinerja, disiplin karakter dari seluruh pengurus dan anggota pramuka di Kecamatan Rupat," tutur Rais ,Selasa (14/8/2018).

Ia berharap di Kecamatan Rupat kegiatan kepramukaan lebih meningkat dan lebih meriah lagi dari tahun-tahun sebelumnya."Kita berharap anak bangsa khususnya selaku anggota pramuka memiliki komitmen tinggi, cinta tanah air dengan meningkatkan ketrampilan, kreatifitas.

Karena, kata dia, di pramuka akan terlatih jiwanya untuk melakukan terobosan inovasi dan karya misalnya membuat alat dan lain sebagainya.

"Di pramuka itu menimbulkan rasa senang dengan menyanyi, hiking. Ke depan dengan mencontoh pendahulunya dibutuhkan anak cerdas, anak kreatif dan bisa bekerja keras," paparnya,

Pada bagian lain Ka-Kwaran Grakan Pramuka Kecamatan Rupat  yang juga menjabat Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan  Rupat itu juga menjelaskan mengenai program kerja jangka pendek Kwaran Rupat saat ini antara lain: melakukan pembenahan struktur dan menertibkanadiministrasipengurus,pengelola,serta pembinaan Gugus depan(Gudep). 

Disamping itu mewajibkan semua sekolah  di Kecamatan Rupat untuk melaksankan pendidikan pramuka.Selain itu mewajibkan semua guru menjadi Pembina Pramuka, mewajibkan peserta didik aktif di kepramukaan.

Prorgram kerja lainnya Kwaran Pramuka Rupat melaksanakan berbagai event kegiatan Siaga,Penggalang,Penegak mulai tingkatKecamatan dan di tingkat Taman(Tanjung Kapal dan Darul Aman,Bersemi(Batupanjang sampai Mesim)dan wilayah Rupat Tengahsetiap tahunnya.Selain memberi motivasi dan reward bagi Gu7dep yang aktif. Dan juga memberikan pelatihan pada pembina dan pengurus Kwaran.

Lebih jauh dikatakan Rais, sejauh ini  dari 5 SLTA di Rupat  tercatat sudah 4 yang telah memiliki Nomor Gugus depan(Gudep) ,sedangkan 1 lagi masih merupaka gudep persiapan. Untuk SLTP tercatat 12, sedangkan yang belum memiliki nomor Gudep atau gudep persiapan 8.Untuk Sekolah Dasar(SD) tercatat 36 Gudep. Dari jumlah tersebut 32 sudah memeiliki nomor Gudep, sedangkan 4 masih merupakan Gudep Persiapan

Terpisah, Ketua panitia kegiatan HUT Pramuka ke 57 Kecamatan Rupat, Suparyan S.Pd mengatakan, beragam lomba telah dilaksanakan oleh Kwaran Pramuka Rupat pada HUT Pramuka ke 57 tahun. diantarnya lomba lintas alam yang diikuti oleh pramuka Penggalang dan Penegak. Selainb itu juga dilaksanakan kegiatan Pramauka Peduli Sampah dengan melaksanakan gotong royong membersihkan lokasi disekitar Pelabuhan RoRo Rupat, di Tanjung Kapal*****

Dari kiri: Kepala Perpustakaan Umum Rupat, Zulfan SE,Ka-Kwaran Pramuka Rupat, Rais SH,S,Pd,Kamabiran Rupat, Hanafi S.PI


Pengibaran bendera merah putih


Sekcam Rupat , Ahmad Tarmizi selaku Irup pada apel pramuka 2018


     

Anggota Pramuka yang berprestasi menerima hadiah


Kelompok paduan suara menyanyikan lagu Hymne Pramuka


para peserta apel


Nasional | Pekanbaru | Sorot Riau | Politik | Ekonomi | Hukum & Kriminal | Pendidikan | Lifestyle | Otomotif | Lingkungan |
Internasional | Teknologi | Olahraga | Advertorial | Galeri | Foto
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2015 SOROT RIAU, All Rights Reserved